WiFi

Wifi memiliki peran yang sangat penting di era yang serba internet seperti sekarang ini. Bahkan, bagi sebagian orang, wifi sudah sama pentingnya seperti oksigen. Koneksi wifi memang menjadi pilihan untuk para penikmat game online dan video di Youtube. Sayangnya, tidak semua Wifi dapat diakses dengan mudah karena telah dipasang password (kata sandi). Anda pun mungkin saja lupa dengan kata sandi dari Wifi milik sendiri. Namun, selalu ada cara mengetahui password Wifi tersebut.

Terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk dapat mengetahui password Wifi. Anda dapat menggunakan Control Panel yang tersedia pada laptop atau komputer. Anda juga dapat menggunakan aplikasi tertentu untuk mengetahui password dari Wifi terdekat. Ingin tahu bagaimana cara mengetahui password Wifi dengan mudah? Simak pembahasannya berikut ini.

Cara Mengetahui Password Wifi tanpa Aplikasi

Apabila sedang berada di perpustakaan, pusat perbelanjaan, atau tempat-tempat umum lainnya, ponsel Anda mungkin mendeteksi adanya koneksi Wifi. Tentu Anda tidak ingin melewatkan kesempatan ini. Dengan menghubungkan ponsel atau komputer dengan Wifi, Anda dapat mengakses media sosial dan mengunduh film kesukaan tanpa khawatir adanya pembengkakan pada paket data.

Akan tetapi, sebagian besar Wifi di tempat tersebut dilindungi oleh password agar orang-orang tidak bertanggung jawab tidak dapat menggunakannya sesuka hati. Untuk mengetahui password tersebut, Anda harus menanyakannya kepada petugas yang berada di tempat tersebut.

Apabila Anda enggan melakukan hal tersebut karena harus berjalan cukup jauh ke meja petugas, cobalah untuk mencari tahu password Wifi tersebut. Yang lebih menarik lagi adalah Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tertentu untuk mengetahui kata sandi dari Wifi tersebut. Berikut adalah cara mengetahui password WiFi tanpa aplikasi:

  1. Aktifkan Wifi di ponsel atau laptop Anda untuk melihat hotspot apa saja yang sedang aktif.
  2. Pilih @wifi.id.
  3. Anda akan menemukan kotak yang mengharuskan untuk mengisi username dan password. Selain itu, Anda juga akan menemukan halaman mode Modify Network Configuration.
  4. Gantilah IP Address 192.168.1.1 menjadi 192.168.1.2.
  5. Buka peramban, lalu tulis http//: 192.168.1.254 di address bar yang terdapat di bagian atas. Kemudian, Anda akan menemukan halaman login.
  6. Ketik kata ADMIN atau USER pada kolom username dan password. Yang perlu Anda ingat adalah bahwa username dan password harus diisi dengan kata yang sama. Apabila Anda memilih kata ADMIN sebagai username, maka pada kolom password juga harus diisi ADMIN. Apabila Anda memilih USER sebagai username, maka passwordnya pun harus sama yaitu USER.
  7. Buka bagian Pengaturan, lalu carilah @wifi.id untuk melihat username dan passwordnya.

Password Wifi Indihome

IndiHome merupakan layanan penyedia internet yang banyak digunakan di Indonesia. Layanan internet yang disediakan IndiHome beragam dan ramah di kantung. Hal ini yang membuat IndiHome menjadi primadona diantara para pengguna internet.

Ketika memasang IndiHome, para penggunanya biasanya hanya memasukkan username dan password di awal saja. Selanjutnya, ponsel atau komputer akan tersambung dengan Wifi secara otomatis tanpa perlu menuliskan username dan password lagi.

Masalah timbul ketika ada teman atau kerabat yang berkunjung dan ingin menggunakan layanan Wifi di rumah Anda. Karena ponsel terhubung otomatis, Anda mungkin saja lupa dengan kata sandinya. Lalu, bagaimana cara mengetahui password Wifi tersebut? Caranya cukup mudah.

  1. Gunakan PC atau laptop yang telah otomatis terhubung dengan Wifi.
  2. Lihat ikon yang terdapat pada kanan bawah layar, lalu pilih Network. Lihat bagian Wireless Network Connection, kemudian silahkan pilih jaringan Wifi. Klik kanan pada pilihan tersebut, lalu pilih Properties. Setelah itu, Anda akan menemukan tab Wireless Network Properties.
  3. Pilih Security, lalu pilih Network Security Key. Pada pilihan tersebut terdapat password tersembunyi. Klik kolom Show Characters agar password Wifi Anda dapat dilihat. Tulis dan simpan kata sandi tersebut agar mudah diingat.

Cara melihat Password Wifi Tetangga

password wifi tetangga

Ketika memasang jaringan Wifi di rumah, tentu Anda akan mulai bertanya-tanya apakah Wifi sudah aman dari pembobol. Anda dapat mengetahuinya dengan langkah-langkah berikut ini. Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa cara ini sebaiknya hanya Anda pergunakan untuk mengecek keamanan Wifi, bukan untuk membobol jaringan Wifi milik tetangga.

  • Unduh aplikasi WPS Connect di Playstore. Aplikasi ini digunakan untuk mengecek keamanan jaringan terhadap para pelaku pembobol Wifi dengan menggunakan metode bruceforce attack.

Bruceforce attack merupakan metode membobol jaringan Wifi dengan cara mencoba menebak password secara berulang kali menggunakan kumpulan kosakata di kamus miliknya. Maka dari itu, password yang sangat sederhana akan mudah untuk dibobol. Akan tetapi, apabila WPS Connect tidak dapat membobol Wifi, hal ini menandakan bahwa jaringan tersebut sudah relatif aman.

  • Buka aplikasi WPS Connect, lalu cobalah untuk mencari jaringan wifi di sekitar Anda dengan menekan tombol refresh yang berada di pojok kanan atas. Ketika daftar Wifi muncul, pilih salah satu yang akan Anda pergunakan, kemudian tekan try.

Hanya jaringan dengan warna hijau yang dapat dicoba untuk digunakan. Pastikan jaringan tersebut dekat dan kuat karena apabila terlalu jauh, kemungkinan berhasil sangatlah kecil.

  • Setelah itu, tidak lama kemudian ponsel Android Anda akan terhubung dengan Wifi tersebut secara otomatis meskipun password belum diketahui. Hal ini menandakan bahwa percobaan Anda berhasil.

Cara tersebut di atas adalah cara untuk menghubungkan ponsel dengan jaringan Wifi milik tetangga. Sayangnya, password dari Wifi tersebut belum diketahui, sehingga laptop Anda tidak dapat terhubung dengan internet.

Berikut adalah cara untuk mengetahui password tersebut.

  • Buka peramban pada ponsel Anda, lalu ketik 192.168.1.254. Rangkaian angka yang telah diketik tersebut merupakan alamat IP router wifi yang tengah terhubung dengan ponsel Anda.
  • Setelah memasukkan alamat IP tersebut, peramban akan meminta Anda untuk memasukkan username dan password. Jika pengaturan Wifi yang sedang Anda pergunakan tersebut masih default, maka username dan password adalah “admin” atau “administrator”.

Jadi, masukkan kata “admin” pada username dan password, atau Anda dapat menggunakan kata “administrator”. Kuncinya adalah kata yang dimasukkan di kolom username harus sama dengan kata yang dimasukkan di kolom password.

  • Apabila Anda sudah berhasil masuk, klik Interface Setup, kemudian pilih Wireless. Lihat pada bagian WPS Setting. Periksa apakah terdapat tulisan “SSID”. Jika Anda dapat menemukannya, selamat! Anda telah berhasil mengetahui password dari wifi tersebut karena itulah password yang dapat digunakan di laptop, komputer atau gawai apapun. Bagaimana? Mudah, bukan?

Ternyata cara mengetahui password Wifi tidak sesulit yang Anda bayangkan, bukan? Bahkan, Anda tidak perlu untuk menjadi seorang hacker profesional terlebih dahulu. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana dan mudah ini, Anda akan dapat mengetahui kata sandi yang digunakan oleh suatu jaringan wifi dengan sangat mudah. Bagaiman? Tertarik untuk mencobanya? Selamat mencoba dan pergunakanlah cara-cara tersebut dengan bijak tanpa merugikan orang lain, ya!

Leave a Reply