kuota smartfren

Smartfren merupakan salah satu provider atau penyedia layanan internet, telepon, dan pesan singkat yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Penyedia jasa telekomunikasi yang berada di bawah naungan Sinar Mas Grup ini menawarkan banyak pilihan paket internet untuk memanjakan para konsumennya. Paket internet unlimited pun juga tersedia dengan harga yang terjangkau. Berbagai cara cek kuota Smartfren juga tersedia bagi Anda untuk memonitor penggunaan kuota internet.

Cek kuota Smartfren dapat dilakukan dengan berbagai cara. Anda dapat menggunakan layanan telepon, SMS (pesan singkat), aplikasi Smartfren, atau melalui cara daring. Selain mengetahui jumlah kuota internet yang tersisa, Anda juga dapat mengetahui berapa banyak kuota SMS dan telepon yang tersisa. Anda juga dapat mengetahui masa berlaku kuota tersebut. Mau tahu caranya? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Cek Kuota Smartfren GSM 4G

smartfren gsm

Sebelumnya, Smartfren terkenal sebagai provider atau penyedia jasa telekomunikasi berbasis CDMA. Seiring perkembangan zaman yang diikuti oleh perkembangan teknologi, kini Smartfren bukan lagi berbasis CDMA namun GSM 4G LTE. Hal ini membuat Smartfren semakin siap bersaing dengan provider lainnya.

Dengan berubahnya layanan Smartfren dari CDMA ke GSM, berubah pula cara mengecek kuotanya. Lalu, bagaimana cara cek kuota Smartfren yang telah berubah menjadi 4G LTE? Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda pergunakan untuk mengetahui kuota internet Smartfren yang tersisa.

1. Dial

Salah satu cara cek kuota Smartfren adalah lewat panggilan telepon atau dial. Cara ini mudah, murah, dan cepat. Anda tidak perlu terhubung dengan jaringan internet untuk mengetahui berapa kuota internet, telepon, dan SMS yang tersisa. Anda juga tidak perlu khawatir akan pulsa yang dikorbankan untuk mengetahui sisa kuota karena tidak akan ada pulsa yang terpotong.

Dengan kata lain, melakukan pengecekan sisa kuota melalui panggilan telepon adalah gratis. Berikut langkah-langkahnya.Salah satu cara cek kuota Smartfren adalah lewat panggilan telepon atau dial. Cara ini mudah, murah, dan cepat. Anda tidak perlu terhubung dengan jaringan internet untuk mengetahui berapa kuota internet, telepon, dan SMS yang tersisa.

Anda juga tidak perlu khawatir akan pulsa yang dikorbankan untuk mengetahui sisa kuota karena tidak akan ada pulsa yang terpotong. Dengan kata lain, melakukan pengecekan sisa kuota melalui panggilan telepon adalah gratis. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka menu dial atau panggilan telepon yang ada pada ponsel pintar milik Anda. Ketik *955# lalu tekan tombol telepon. Pastikan panggilan tersebut dilakukan dengan menggunakan kartu Smartfren.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul pemberitahuan jumlah sisa kuota yang Anda miliki pada layar ponsel. Selain memberikan informasi mengenai sisa kuota internet, Anda juga dapat mengetahui sisa kuota SMS dan telepon, serta masa berlaku kuota tersebut.

2. SMS

Selain menggunakan cara dial atau melalui panggilan telepon, Anda juga dapat mengetahui sisa kuota dengan cara mengirimkan pesan singkat atau yang biasa dikenal dengan SMS. Seperti halnya dengan layanan panggilan telepon, mengecek kuota Smartfren melalui SMS juga gratis. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang pulsa yang terpotong. Cara cek kuota melalui SMS ternyata sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka layanan Message yang biasa Anda gunakan untuk mengirim SMS.
  • Ketik kata CEK pada kolom pesan singkat, kemudian kirim pesan tersebut ke 995.
  • Tunggu beberapa saat hingga Anda mendapatkan pesan balasan dari 995 yang berisi tentang informasi mengenai nama paket yang sedang digunakan, sisa kuota internet, SMS, dan telepon, dan masa berlaku paket tersebut.

3. Aplikasi MySmartfren

MySmartfren merupakan aplikasi yang memudahkan Anda untuk mengetahui berbagai macam informasi yang berhubungan dengan layanan Smartfren. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengetahui paket apa saja yang tersedia, masa aktif kartu Smartfren, serta sisa kuota internet, telepon, dan SMS.

Anda bahkan dapat membeli paket internet melalui aplikasi ini. Semua dapat diketahui dengan mudah hanya dengan sekali ketuk pada layar ponsel pintar. Sayangnya, ponsel pintar Anda harus terhubung dengan jaringan internet apabila Anda ingin menggunakannya.

Untuk cek kuota Smartfren menggunakan aplikasi ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh dan memasang aplikasi MySmartfren yang bisa didapatkan di playstore. Setelah itu, buatlah akun Smartfren dengan menuliskan nomor Smartfren Anda pada kolom yang tersedia. Setelah berhasil mendaftarkan nomor pada aplikasi MySmartfren, Anda dapat mulai mengecek kuota dengan cara sebagai berikut.

  • Buka aplikasi MySmartfren yang sudah terpasang pada ponsel Anda.
  • Pilih opsi “Paket Saya”. Pada opsi ini, Anda dapat mengetahui paket apa yang sedang dipergunakan sekarang, serta jumlah kuota yang tersisa. Sangat praktis dan mudah, bukan?

Situs Resmi MySmartfren

Apabila sedang di kantor, sedangkan ponsel tertinggal, Anda juga dapat mengecek sisa kuota Smartfren dengan menggunakan PC atau laptop. Cara ini juga dapat digunakan jika Anda enggan untuk memasang aplikasi MySmartfren di ponsel.

Tampilan dari situs resmi ini kurang lebih sama dengan tampilan aplikasi MySmartfren. Dan tentu saja laptop Anda harus terhubung dengan jaringan internet agar dapat mengakses situs ini.

  • Buka peramban yang ada di laptop atau PC Anda.
  • Ketik https://my.smartfren.com pada address bar.
  • Login atau masuk dengan menggunakan user ID akun MySmartfren Anda. Apabila belum terdaftar, silahkan mendaftarkan alamat surat elektronik Anda.
  • Setelah berhasil masuk ke situs MySmartfren, Anda akan disambut dengan laman yang menampilkan paket serta jumlah pulsa yang tersisa di ponsel. Apabila Anda ingin mengetahui lebih detail tentang informasi tersebut, tekan opsi “Detail” yang terdapat di bagian bawah.

Selain untuk mengecek kuota Smartfren, situs ini juga memungkinkan Anda untuk berhenti berlangganan paket internet yang sedang digunakan saat ini. Untuk berhenti berlangganan, Anda dapat menekan opsi “Berhenti Paket”.

Cara Cek Kuota MiFi Smartfren Andromax

Jaringan internet 4G memang sedang digandrungi di Indonesia. Penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia berlomba-lomba untuk menyediakan jaringan 4G yang memungkinkan para penggunanya untuk mengakses internet super cepat, begitu pula dengan Smartfren. Bahkan, kini Smartfren menciptakan produk modem WiFi atau yang biasa disebut MiFi.

MiFi memungkinkan Anda untuk membawa jaringan WiFi ke mana saja. Hal ini tentu berbeda dengan WiFi pada umumnya yang hanya terpaku pada satu lokasi saja. Dengan membawa modem WiFi ini, Anda dapat berbagi jaringan internet bersama keluarga dan teman di mana pun dan kapan pun.

Salah satu produk MiFi Smartfren yang banyak digunakan adalah Smartfren Andromax M2Y. Modem ini tidak dilengkapi dengan layar LCD, sehingga Anda harus menggunakan cara khusus untuk mengecek kuota. Berikut adalah cara cek kuota Smartfren Andromax M2Y.

  • Pertama, hubungkan ponsel Android, komputer, atau laptop milik Anda dengan jaringan WiFi pada modem MiFi Smartfren Andromax M2Y tersebut. Kemudian, bukalah halaman admin untuk melihat berbagai keterangan yang berkaitan dengan MiFi tersebut.
  • Bukalah Google Chrome di ponsel Android atau komputer Anda. Kemudian, ketik “192.168.1.1” atau “andromax.m2y” pada kolom url atau address bar.
  • Jika Anda ingin mengetahui sisa kuota internet pada Modem MiFi Smartfren Andromax M2Y, login atau masuk pada halaman admin terlebih dahulu.
  • Masukkan username dan password pada kolom yang tersedia. Jika Modem MiFi Smartfren Andromax M2Y milik Anda masih baru, dan belum mengalami perubahan pengaturan, maka username diisi dengan kata “admin”, dan begitu pula dengan password-nya.
  • Klik ikon “My Smartfren”. Lalu, Anda bisa mengetahui sisa kuota, pulsa, serta masa aktif dan berlaku pada kartu Smartfren yang terpasang pada modem.

Smartfren memang merupakan provider yang mengerti kebutuhan para konsumennya. Berbagai paket data internet murah tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat era modern. Dan cara cek kuota Smartfren pun juga mudah, bukan? Kini Anda dapat tetap memonitor penggunaan data internet dengan melakukan pengecekan kuota secara teratur.

Leave a Reply